Monday, March 10, 2014

Karateristik Dioda

Dioda semikonduktor merupakan sambungan antara logam jenis P dengan jenis N. Jenis P disebut anoda sedang N disebut katoda. Sifat dari dioda PN dipengaruhi oleh pemberian catu daya.

  1. Dalam kondisi tidak diberi pengaruh (VD = 0V ) dari luar, pada sambungan tersebut terjadi depletion layer (daerah kosong =dk) dan merupakan energi halangan, karena pada daerah tersebut elektron (negatip) dan lobang (positip) saling berdifusi Daerah ini lebarnya sekitar 0,5μm.
  2. Apabila dioda dicatu daya dengan VD > 0V atau P lebih positip terhadap N maka akan terjadi gaya pada lobang (positip) dan elektron (negatip) yang mengakibatkan lobang dan elektron bergerak menuju sambungan. Akibatnya daerah kosong menyempit dan energi halangan menjadi sangat kecil. Hal ini menyebabkan arus mengalir terutama akibat pembawa mayoritas (IB) yaitu jenis P ke N dan jenis N ke P. Sebaliknya arus pembawa minoritas(IS) mengalir arah sebaliknya tidak dipengaruhi oleh catu daya. Pemberian catu daya ini disebut dicatu maju atau forward bias.
  3. Apabila dioda dicatu daya dengan VD < 0V mengakibatkan lobang dan elektron bergerak menjauhi sambungan sehingga menyebabkan daerah kosong melebar dan energi halangan menjadi besar. Hal ini menyebabkan arus pembawa mayoritas akan sama dengan nol. Namun arus pembawa minoritas yang melalui daerah kosong ini sangat kecil. Arus ini disebut arus jenuh balik Pemberian catu daya ini disebut dicatu balik atau mundur atau reverse bias.
(a)
Gambar 1. Simbul dan catu daya pada dioda PN
(a) simbul (b) tanpa dicatu (c) dicatu maju (d) dicatu mundur

Dari ke tiga sifat tersebut dapat digambar dalam satu salib sumbu sebagai berikut
Gambar 2. Karateristik dioda

Arus total yang mengalir pada dioda daerah forward dan reverse adalah
Bila dioda dialiri DC maka tahanan dioda dinamakan tahanan statis yang besarnya bila dialiri AC tahanan dioda dinamakan tahanan dinamis sebesar


Sumber : Dwi Surjono, Herman(2007). Elektronika: Teori dan Penerapan. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.



No comments:

Post a Comment